MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
MEDIA KOMUNIKASI
HUMAS
DEFINISI MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
Media Humas (PR Media) adalah
segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan praktisi humas
dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk atau jasa yang
humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat. Media humas bersifat lebih kepada
publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan humas adalah
dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik) dikenal dengan
media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).
MACAM – MACAM MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
Media
komunikasi yang digunakan humas ada dua macam, yaitu :
Media
diluar humas (PR) dan media yang dibuat humas (PR)
1.
Media Public Realation (PR)/humas yang diluar
atau tidak dibuat oleh humas disebut Comercial Press (media komunikasi
komersial) atau media massa umum baik media cetak (radio siaran dan TV siaran).
2.
Media yang dibuat Public Relation/humas, media
ini untuk kalangan terbatas, bukan untuk umum, antara lain : House Journal,
Annual Report, Company Profile, Advertorial (Pariwara), Brosure/selebaran,
media kits dan media online.
CIRI – CIRI MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
1.
Media hubungan komunikasi internal dan eksternal
dalam upaya pencapaian pesan pesan perusahan kepada pemilik (shareholder),
khalatak terkait (stakeholder) mengenai aktivitas perusahaan, manfaat produk
barang dan jasa.
2.
Ajang komunikasi antar karyawan. Missalnya : kegiatan
usaha, wisata, kegiatan karyawan
3.
Media bagi staf PR/humas dalam tulis menulis
4.
Nilai tambah bagi PR untuk menerbitkan in house
journal yang bermutu, terbit berkala dan teratur, penampilan professional, lay
out da nisi yang di tata apik, cover menarik
- Media cetak
Kelemahan : lambat, tidak ada audio visual
- Media Online
Kelemahan : tidak selalu tepat
Komentar
Posting Komentar